Teknologi

Rekor Terbaru Kecepatan Fiber Optik Standar 1,53 Petabit per Detik

Lalu lintas data seluruh dunia bisa muat di dalam satu kabel fiber tunggal

Sebuah tim peneliti Network Research Institute dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT di Jepang) telah mencapai rekor dunia bandwidth baru melalui satu serat optik berdiameter standar.

Metode Pengiriman Data

Para peneliti dari NICT telah berhasil mentransfer data sekitar 1,53 petabit per detik dengan metode pengkodekan pada 55 frekuensi cahaya yang berbeda (teknik ini dikenal sebagai multiplexing). Itu merupakan bandwidth yang cukup untuk membawa lalu lintas data Internet seluruh dunia dengan hanya melalui satu kabel serat optik saja. Itu perbedaan yang jauh dari kecepatan koneksi gigabit yang kita gunakan sekarang ini.

Teknologi ini bekerja dengan memanfaatkan berbagai frekuensi cahaya yang tersedia di seluruh spektrum. Karena setiap “warna” dalam spektrum memiliki frekuensinya sendiri yang berbeda dari yang lain. Masing-masing frekuensi tersebut dapat dibuat untuk membawa arus informasi independennya sendiri. Para peneliti berhasil membuka kunci efisiensi spektral 332 bit/s/Hz (bit per detik per Hz). Itu efisiensi tiga kali lebih tinggi daripada upaya terbaik mereka sebelumnya, pada tahun 2019, yang mencapai efisiensi spektral 105 bit/detik/Hz.

Tabel hasil penelitian fiber optik NICT

Tabel hasil penelitian fiber optik (gambar oleh NICT)

Para peneliti berhasil mengirimkan informasi pada C-band melalui 184 panjang gelombang yang berbeda. Frekuensi terpisah yang tidak tumpang tindih yang dibuat untuk membawa informasi di dalam kabel serat secara bersamaan. Sebelum dikirim melalui kabel serat optik, cahaya dimodulasi untuk mengirimkan 55 aliran data (mode) yang terpisah. Setelah modulasi, kemudian menyalurkanya ke dalam satu inti optik untuk mengirimkan semua data itu. Ketika data dikirim (melewati 184 panjang gelombang dan 55 mode), penerima menerjemahkan berbagai panjang gelombang dan mode untuk mengumpulkan datanya. Dalam percobaan, jarak antara pengirim dan penerima sejauh 25,9 kilometer.

Pada penelitian ini menggunakan chip fotonik yang masih dalam tahap desain eksperimental. Sepertinya penelitian ini akan cepat di realisasikan di lapangan. Mengingat lalu lintas data seluruh dunia masih dengan kecepatan transmisi 1,54 petabit per detik. Selain itu masih banyak jenis dari kabel serat optik di luar sana dengan spesifikasi di atasnya. Untuk mengetahui lebih jelas ikuti press release dari NICT.

Via
NICT
Sumber
Toms hardware

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button