Dunia

Fakta Gerhana Bulan yang Terjadi 8 November Kemarin

Fakta gerhana bulan yang terjadi pada tanggal 8 November 2022 kemarin tentunya banyak ditunggu. Apalagi belum banyak yang tahu beberapa hal di balik fenomena gerhana bulan yang terjadi kembali pada tahun 2022 ini.

Fakta Gerhana Bulan yang Jarang Anda Ketahui, Simak!

Proses terjadinya gerhana ini diawali dengan gerhana awal penumbra terjadi pada pukul 15.02.17 WIB dan puncaknya pada pukul 18.00.02 WIB. Fenomena langit ini memang sangat menarik untuk dilihat, fenomena ini dapat disaksikan kecuali di Aceh, Sumut, Sumbar dan Bengkulu.

Selain memiliki kesempatan untuk menyaksikannya ternyata fenomena satu ini juga memiliki berbagai fakta menarik di dalamnya. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa fakta menarik mengenai gerhana bulan total yang tahun ini terjadi.

Gerhana Terakhir Selama 3 Tahun Kedepan

Faktanya gerhana bulan total pada 8 November 2022 merupakan gerhana bulan total terakhir yang akan terjadi pada 3 tahun mendatang. Karena, gerhana ini baru akan kembali terjadi pada tahun 2025 mendatang.

Berdekatan dengan Uranus

Uniknya gerhana bulan total ini terjadi saat berdekatan dengan Uranus, tentunya hal ini menjadikan gerhana lebih menarik. Kondisi ini membuat gerhana bulan total tahun ini menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Terjadi Pasca Letusan Gunung Hunga Tonga

Faktanya, gerhana bulan ini terjadi setelah 10 bulan letusan Gunung Hunga Tonga untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun. Kondisi ini dimanfaatkan para peneliti untuk menguji pengaruh letusan terhadap pengotoran atmosfer. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button