Istilah

Penjelasan Fungsi “Saya Merasa Beruntung” Google

Tombol “Saya Merasa Beruntung” telah menjadi satu paket di beranda Google sejak pertama kali di luncurkan. Tetapi banyak orang tidak tahu apa artinya atau apa fungsinya. Lalu apa fungsi dari tombol “Saya Sedang Beruntung”?

Apa Fungsi Tombol “Saya Merasa Beruntung”?

Anda mengetik kata kunci pencarian dan mengklik tombolnya, dan Google mengarahkan Anda langsung ke halaman hasil pencarian paling atas di antara hasil pencariannya. Anda melewati halaman hasil pencarian dengan iklan dan fitur Google lainnya. Dalam skenario kasus terbaik, hanya dengan satu klik, Anda berada tepat di tempat yang Anda inginkan. Ini menghemat waktu Anda dan bisa nyaman ketika Anda yakin Anda akan mendarat di halaman web yang tepat.

Tetapi, meskipun google adalah mesin pencari yang hebat, hasil pencarian teratas mungkin bukan halaman yang anda cari.

Di mana Letak Tombol “Saya Lagi Beruntung”?

Letak goole "saya merasa beruntung"
Letak goole “saya merasa beruntung”

Mulai tahun 2022, tombol “Saya Lagi Beruntung” hanya tersedia di situs web Google versi desktop . Itu ada tepat di bawah kotak pencarian. Namun saat Anda mulai mengetik kueri, kueri akan bergerak di bawah saran pelengkapan otomatis penelusuran untuk akses mudah.

Anda tidak akan menemukannya di situs seluler atau aplikasi Google . Tetapi jika Anda ingin menggunakannya di ponsel, Anda dapat meminta situs web versi desktop di browser favorit Anda saat membuka situs web Google. Demikian pula, Anda dapat mengaktifkan fungsi tombol “Saya Lagi Beruntung” di Omnibox Chrome dengan menggunakan ekstensi “Saya Lagi Beruntung” .

Berapa Banyak Orang Menggunakan “Saya Lagi Beruntung”?

Meskipun tombol menempati real estat utama di beranda Google, tampaknya tidak digunakan secara luas. Dalam sebuah wawancara dengan Pasar Radio Publik Minnesota pada tahun 2007, eksekutif Google saat itu Marissa Mayer mengatakan kurang dari satu persen permintaan pencarian Google melalui rute “Saya Merasa Beruntung”. Bahkan co-founder Google Sergey Brin mengaku jarang menggunakannya.

Lalu lintas pencarian melalui tombol kemungkinan besar telah turun secara drastis karena sebagian besar pencarian Google sekarang melalui seluler dan secara default, tidak ada tombol “Saya Lagi Beruntung” di seluler.

Meskipun keterlibatannya rendah, tombol “Saya Merasa Beruntung” harus menghabiskan jutaan dolar bagi raksasa pencarian karena siapa pun yang menggunakannya maka dia telah men skip iklan, yang merupakan pendapatan terbesar Google. Jadi mengapa Google menyimpannya?

Mengapa Google Masih Memiliki Tombol “Saya Merasa Beruntung”?

Saat berbicara dengan Marketplace, Mayer mengklaim bahwa salah satu pendiri Google tidak ingin pencarian menjadi “terlalu kering”, terlalu korporat, dan terlalu banyak menghasilkan uang. Jadi sebagai gantinya, tombol tersebut mengingatkan orang-orang bahwa Googler memiliki kepribadian dan mencerminkan orang yang nyata. Jadi perusahaan mungkin telah mendesain ulang halaman pencarian Google beberapa kali sejak didirikan pada tahun 1998, tetapi tombol “Saya Lagi Beruntung” terus mendapat tempat.

Ketika “Saya Merasa Beruntung” Menjadi Hampir Tidak Berguna

Menariknya, Google merender tombol “Saya Lagi Beruntung” pada tahun 2010 ketika memperkenalkan Google Instan. Saya Lagi Beruntung masih ada di beranda mesin telusur, tetapi Anda harus menonaktifkan Google instant untuk menggunakannya. Jika tidak, segera setelah Anda mulai mengetik permintaan pencarian, Google langsung masuk ke hasil pencarian, dan Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengklik tombol tersebut.

Namun untuk menambah nilai pada tombol tersebut, perusahaan menambahkan frasa acak telur paskah pada tahun 2012. Dan terakhir, Google Instan dihentikan pada tahun 2017 , dan tombol “Saya Lagi Beruntung” kembali ke ketempat aslinya.

Sumber
How to geek

Tinggalkan Balasan

Back to top button