BisnisDunia

Samsung S23 dikabarkan Menggunakan Komunikasi Satelit

Memang teknologi komunikasi satelit sekarang ini sedang menjadi tren tersendiri di lingkungan smartphone. Samsung Electronics sedang melakukan pengembangan teknologi untuk memasang fungsi komunikasi satelit di seri smartphone Galaxy generasi berikutnya. Kemungkinan samsung akan bekerjasama dengan mitra dari perusahaan Iridium. Mengikuti Apple dan Huawei yang sudah dilengkapi dengan teknologi ‘satelit smartphone’, Samsung Electronics juga akan berpartisipasi dalam pertempuran ini.

Ini akan menarik perhatian apakah pasar telepon komunikasi menggunakan satelit akan berkembang. Iridium menyediakan layanan suara dan data di luar angkasa menggunakan 66 satelit komunikasi orbit rendah (LEO). Samsung Electronics telah bersiap selama dua tahun terakhir untuk mengatasi tantangan teknologi komunikasi satelit.

Tantangan

Samsung Electronics dikatakan sedang mempersiapkan teknologi ini untuk smartphone dengan tujuan mentransmisikan data seperti pesan teks dan gambar berkapasitas rendah dengan kecepatan ratusan kbps. Untuk menerapkan teknologi ini antena (RF) harus berukuran besar untuk memungkinkan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi. Tantangan teknis terbesar adalah membuat antena cukup kecil untuk dipasang di smartphone umum. Teknologi untuk memproses data digital dengan mengintegrasikan modem komunikasi seluler yang ada dan modem komunikasi satelit juga diamati sebagian besar sudah selesai.

Apple telah bermitra dengan perusahaan dari Global Star untuk menyediakan teknologi ini ke iPhone 14, tetapi kapasitas pemrosesan datanya terbatas untuk permintaan penyelamatan dalam keadaan darurat. Huawei dapat mengirim dan menerima pesan teks terbatas menggunakan satelit Beidou.

Samsung tidak berharap fitur ini diterapkan di wilayah asalnya di Korea karena luas daratan di sana kecil dan sangat mendukung dengan layanan 5G, tetapi teknologi ini mungkin dapat di terapkan di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Rusia, dan Cina, terutama di daerah-daerah di mana infrastrukturnya tidak berkembang dengan baik.

Samsung Electronics diketahui sedang mereview fitur terkait di Galaxy S23 yang akan dipamerkan tahun depan. Mempertimbangkan situasi persaingan dengan Apple dan Huawei, diperkirakan akan dirilis dalam tahun ini.┬áSeorang petinggi dari Samsung Electronics mengatakan, “Kami tidak mengungkapkan informasi terkait pengembangan produk sebelumnya.”

Sumber
Etnews

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button